Orek-orekan Dwi Pramono

Home » kini » Snorkeling

Snorkeling

Blog Stats

  • 56,375 hits

Archives


snorkeling1Ada yang pernah ikut snorkeling? Saya baru sekali mencobanya, tapi –seperti anak kecil yang dapat mainan baru– begitu nyemplung rasanya nggak mau diajak pulang.

Meski sudah agak lama kejadiannya (2006), baru teringat untuk menceritakannya karena barusan membaca artikel tentang selam laut dangkal ini di salah satu media. Lagipula, belum banyak yang beruntung menikmati “rekreasi” minat khusus ini.

Ada banyak cara untuk menikmati keindahan bawah laut. Yang punya duit bisa membuat akuarium air laut di rumahnya, yang mau rame-rame tinggal piknik ke Seaworld. Untuk yang punya skill menyelam dan fotografi bawah air, tentu scuba diving pilihannya. Ada juga kapal yang dilengkapi perangkat selam yang memungkinkan penumpangnya menikmati pemandangan bawah laut, cukup dari dalam kapal.

snorkeling3Melakukan snorkeling cukup mudah, bahkan bagi yang tidak bisa berenang. Perlu sedikit latihan untuk bernafas melalui mulut menggunakan snorkel (kaca mata renang dengan alat bantu nafas berbentuk huruf “J”). Yang sering membuat “takut” bagi yang baru mencoba adalah ngeri lihat kedalaman laut (3-5 meter). Apalagi lautnya beniiing, jadi terlihat jelas kedalamannya. Padahal kalau sudah pakai masker dan mencoba… wow! berbeda sekali dengan nonton akuarium sea world. Langsung mengamati kehidupan bawah laut dengan ikan-ikan besar kecil di sekeliling kita …sungguh mengesankan.

img_09161Lokasi snorkeling yang saya kunjungi waktu itu adalah Tanjung Benoa Bali, karena ikut paket wisata (atau wisata paketan?)  “Bounty Cruises”. Ada banana boat, luncuran kayak di waterboom tapi nyemplungnya ke laut, kano, dan lain-lain wahana… salah satunya snorkeling ini. Dengan kapal boat kami dibawa ke lokasi, kemudian diberi training singkat dan silakan nyemplung. Ada teman yang (sebenarnya) pandai berenang tapi kesulitan menggunakan snorkle, akhirnya cuma ciblon saja. Perlu penyesuaian dulu untuk bernafas melalui mulut (ada tips tentang snorkeling di sini).  Yang sudah nyemplung tentu saja langsung kesana-kemari (tapi masih dalam batas area pengawasan), …berharap ketemu Ariel, si putri duyung (little mermaid) yang cantik.

1858-percula2Memang indah sekali pemandangan bawah laut Indonesia. Tidak heran kalau banyak orang dari jauh-jauh datang ke lokasi-lokasi yang pemandangan bawah lautnya asyik seperti Benoa, Bunaken atau yang deket-deket saja di Karimunjawa (sekitar 2 jam menyeberang dari Jepara). Saya merasa cukup beruntung bisa ber-snorkeling dan tentu tak akan melewatkan kesempatan kalau ada yang mengajak.

Ada yang minat? Ayo, kapan nyemplung bareng sama saya!

Advertisements

8 Comments

  1. Satrio says:

    wahahaha pak dwi lagi ketagihan snorkling ya?

    dulu saya juga suka snorkling… di manado bunaken… pantainya mangtabs skali…

    jadi kangen maen kelaut lagi… di smarang mau snorkling dimana coba?

  2. Iyan says:

    wah dari dulu sy pengen pak….kapan ya bs ke karimunjawa? (ngarepdotcom)

  3. escoret says:

    foto2nya kok kecil2 pak..???

    *ngiler,pingin*

  4. sesy says:

    wah, berarti aku salah satu dr yang beruntung pak, aku dah nyoba sabang. nice underwater view. sayang krn tsunami n bahan peledak jd banyak yg rusak.

  5. latree says:

    aku mau om, tapi ga bisa berenang, boleh snorkling ga?

  6. Asri says:

    Idem deh sama jeng Sesy. Saya termasuk yg beruntung juga. Di Sabang ada beberapa lokasi yang bagus. Karena kebetulan tinggal di Banda Aceh cukup lama saya sudah nyobain beberapa lokasi, dari sepanjang pantai Gapang, Iboih, Pulau Rubiah, dan di pantai Sumur Tiga. Pernah juga nyoba di Gili Trawangan dan Gili Air, Lombok. Dari semuanya sih menurut saya yang paling bagus yg ada di dekat pulau Rubiah. Yang di Lombok kerusakannya parah banget sampai2 untuk jalan dari boat ke pantai aku sampai babak belur dan berdarah gara-gara banyak pecahan koral mati yang tajam numpuk di sepanjang pantai. Baca posting ini saya jadi kangen laut pak…

  7. Honey Ntuu Hanny says:

    Wwaooow…. so amazing experience,,
    jadi pengen dpt liburan paket+da snorkeling na, kan mantab tuh om..
    tp, gak pernh snorkeling, takut jg. hehehehe

  8. […] Jujur saja, pertama kali mencoba turun ke kolam dengan peralatan scuba saya sempat panik (padahal masih di permukaan, tuh…). Saya minta tambahan waktu untuk menyesuaikan diri bernafas melalui mulut, baru berani mencoba lagi. Relatif cepat menyesuaikan diri karena dulu pernah mencoba snorkeling di Bali. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: