Orek-orekan Dwi Pramono

Home » Kolom

Kolom

Saya adalah salah satu anggota Trah Kartoamijayan, keluarga besar keturunan Kartoamijoyo, orang biasa (bukan kaum ningrat, maksudnya),   pensiunan guru Bahasa Jawa, yang tinggal di Gondowijayan Solo. Dari 14 orang putra-putrinya (ayah saya nomor 8), saat ini jumlah keturunannya sudah lebih dari 300 orang yang tersebar di nusantara maupun mancanegara.

Sebagai sarana komunikasi keluarga, sejak tahun 1978 (setelah wafatnya Eyang Kartoamijoyo pada tahun 1977) diterbitkan “Buletin Trah Kartoamijayan” yang waktu itu berupa selembar dua surat dengan ketikan manual atau bahkan tulis tangan. Seiring perkembangan teknologi, sekitar tahun 1985-1995,  saya mendapat giliran untuk mengelola buletin tersebut. Wujud media periode itu sudah layak disebut “Buletin” karena berformat majalah dan tata letaknya sudah menggunakan desktop publishing. Sayang, setelah 1995 berbagai kendala menjadi alasan tidak terbitnya Buletin hingga saat ini.

Pengalaman mengelola, menulis, mengedit suatu buletin — yang meskipun hanya beroplag puluhan– memberikan suatu pengalaman dan wawasan dalam satu periode kehidupan, yang menjadi bekal berguna saat ini. Apalagi sekitar tahun 1993-1996 selain Buletin Trah Kartoamijayan (TKH) saya juga menerbitkan Media Sastrorejan yang mencakup keluarga lebih luas, dan buletin kantor “What’s on in Semarang” .

Dalam bagian ini, ada beberapa menu yang merupakan arsip Buletin TKH maupun Media Sastrorejan.


3 Comments

  1. TRI RAHARJO says:

    Saya adalah salah satu anggota Trah Sastrorejan dg No NIS 6130 beralamat di Magelang, tahun depan/2010 insya Allah akan dilaksanakan reuni akbar Trah Sastrorejan dan yang punya gawe dari Rumpun Moch Irsad. Sudah ada kabar belum mas Dwik reuni tersebut dilaksanakan dimana dan waktunya kapan? Mohon bisa dipublikasikan sejak awal disamping lewat surat juga lewat Internet (yang mengelola Website Sastrorejan siapa?) semoga dapat menjadi masukan buat keluarga besar Sastrorejan dimanapun berada. Wassalam.

  2. dp says:

    Mas Tri,
    Dalam rapat di Godean (06/09) kemarin, sudah dipastikan tempat reuni akbar 2010 di Yogyakarta, dan pilihan utama untuk lokasi pertemuan maupun penginapan adalah di Wisma LPP. Untuk waktunya, akan dibahas saat halal bihalal di Semarang, bulan Oktober 2009 yad. Rawuh, yo.. ngajak keluarga sekalian.

  3. V. igorous I. ce B. lue E. yesis a hip hop duo, one of us makes the lyrics, the other the melodies, and we are trying to improve our musicso if you have a spare 2-3 miuntes, check us out if you’d liek to and feel free to staythanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: