Orek-orekan Dwi Pramono

Home » kini » Hash

Hash

Blog Stats

  • 56,544 hits

Archives


hanafi1

Pengertian “Hash” atau lengkapnya hash house harriers (HHH) adalah lari/jogging lintas alam non kompetisi. Kalau jaman sekolah dulu namanya ya lari lintas alam, karena diadakan di alam bebas (bukan di stadion atau di jalan), bisa disebut juga lari halang rintang, karena dilewatkan jalur yang ada perintangnya seperti kubangan, pohon tumbang, atau semacamnya. Tentang HHH antara lain bisa dibaca di sini.

Di komunitas Apkomindo, beberapa teman — Winjoto, Ozzy, dll — sudah secara aktif mengikuti HHH ini setiap Senin dan Kamis sore. Semangat olahraga ini coba ditularkan kepada anggota komunitas dan keluarganya. Selain untuk selingan setelah sibuk berbisnis sehari-hari, acara ini juga ditujukan untuk mempererat pertemanan anggota dan juga keluarganya.

hanafi2

Tercatat sudah 4 kali kegiatan ini diselenggarakan dengan lokasi yang berbeda: Kalisidi, Penggaron, Banaran, dan hari Minggu kemarin (26/04) di kawasan Sidomukti Ungaran. Setiap event biasanya diikuti 80-100 orang dari balita hingga lansia. Mempertimbangkan usia peserta, biasanya ditawarkan pilihan rute pendek, menengah, atau rute panjang.

Namanya juga kumpulan pengusaha (bakul) komputer 🙂 …hash yang mestinya kegiatan lari/jogging jadinya jalan santai saja. Kalau ada lokasi bagus, berhenti dulu foto-foto, sambil sepanjang perjalanan tukar cerita mengenai keluarga atau prospek usaha (bukan cuma di lapangan golf saja prospek memprospek) :). Jadi, sebenarnya lebih cocok disebut hiking daripada hash. Sebagai catatan, rute yang kemarin dipilih paling mantap dan menantang, sampai-sampai sebagian peserta mengeluhkan “dhengkule koklok.”

hanafi3

Meskipun ada yang memilih jarak pendek.. atau pendek sekali (habis foto langsung balik ke meeting point), tapi banyak juga yang penuh semangat menuju titik finish yang ditentukan. Bahkan saat di Sidomukti kemarin, beberapa peserta yang melihat papan penunjuk menuju Goa Jepang, langsung menambah rute sendiri ke goa peninggalan jaman Jepang tersebut.

Salut untuk beberapa peserta lansia, seperti pak Erlan (Premiere, 61 tahun), pak Budi (IKIN, hampir 60 th), dan beberapa anak-anak 8-12 tahun yang malah penuh semangat mengikuti rute panjang. Dari Sanggar juga ada tiga lansia yang ambil rute panjang, lho… 🙂

Hanafi, sang jurkam (juru kamera) yang rajin naik turun mendahului dan tiba-tiba sudah mengawal dari belakang lagi, menggambarkan dengan tepat dalam sekuel fotonya. Foto bersama sebelum mulai masih full team (foto paling atas), belum setengah perjalanan sebagian mrotholi sudah balik kanan (foto kedua), nah… di foto ketiga di atas, sebagian peserta yang sampai di titik yang ditentukan pada jalur panjang. Ntar yang paling banyak menghabiskan ikan bakar di basecamp. 🙂

peserta

 Sebagian foto peserta

landscape

Indahnya panorama Kawasan Sidomukti Ungaran

Sumber foto: semua foto di halaman ini jepretan Hanafi – Jaya Mandiri Computer

Advertisements

4 Comments

  1. Ratna says:

    Sip untuk Pak Dwi yang berkenan membuat orek-orekan…………….Jaya untuk pak Edy JK selaku Ketua Apkom dan sukses untuk angggota apkomindo Jateng

    • yudi says:

      Wow, ternyata Madam Ratna diam-diam masih memantau.. Kok nggak ikut hash ..eh, hiking to Bu Ratna? Yang acara ke depan ajak suami dan anak-anak sekalian ya..

  2. Wahhh…baca tulisan ini bikin kangen jaman masih kuat jalan-jalan ke gunung. Dulu sering ke promasan, masih ada nggak ya pancuran, tanaman kenci, patung atau candi kecil di sana?

  3. […] roda-4 (sampai gerbang saja). Hash di Kebun Pala Gebugan, Minggu (20/09) kemarin merupakan kali ke-5 yang diselenggarakan Apkomindo Semarang dan kali ini diikuti 70-an peserta dari anak-anak hingga […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: