Orek-orekan Dwi Pramono

Home » Tempo Doeloe » Oud Oengaraners 1922

Oud Oengaraners 1922

Blog Stats

  • 56,859 hits

Archives


Eyang saya – Sukarto Kartoamijoyo (1891-1977) – adalah guru Normaalschool (sekolah guru) di jaman Belanda. Tahun 1929-1934, eyang bertugas di Serang-Banten.  Di bawah ini foto beliau dengan para guru dan murid di depan sekolah. Tulisan yang di dinding sekolah : Normaalschool voor Inl (=inlander) Onderwijzers.

Tulisan di papan tulis “Wiludjeng Angkat” – Normaalschool Serang – 24-8-1930. Mungkin ini diambil pada permulaan tahun ajaran baru, eh atau kelulusan ya? Perlu penerjemah bahasa Sunda untuk “wilujeng angkat”. 😀

Lalu yang di bawah ini, nampaknya eyang “reunian” dengan teman-teman se-almamaternya, Kweekschool Oengaran. Kalau tidak salah, sekolah itu sekarang jadi SMP 1 Ungaran, yang di pinggir jalan raya Ungaran, dekat Benteng Willem. Tulisan di papan tulis itu: “Oud Oengaraners, Solo 9/5/1922.”  Eyang saya yang duduk, sarung jariknya nutupin papan tulis.

Keren bangeet! Dua foto di atas, kondisi originalnya masih sangat bagus, lengkap pula dengan tanggal pengambilannya. Sungguh harta sejarah yang bernilai tinggi. Eyang juga cukup teliti menyimpan maupun memberi catatan pada foto-foto lainnya (maklum guru). Meski ada foto-foto kuno yang lapuk termakan usia, sebagian besar masih bagus kondisinya.

Kebetulan sekarang jadi tugas saya untuk merawat tumpukan album-album zaman dahoeloe peninggalan eyang (yang sebelumnya disimpan budhe almh). Jadi setiap ada waktu luang, segera saya scan/digitalkan dan simpan di hard drive.  “Harta karun” keluarga besar, kan? Foto tertua (yang ada catatannya) bertahun 1914.

Saat mendigitalisasi foto-foto kuno ini, saya jadi malu pada diri sendiri. Jaman kamera digital yang begitu hitech dan serba instan, malah sering lupa atau abai kapan dan pada peristiwa apa suatu foto diambil.. (meskipun bisa dilacak lewat propertiesnya, sih).

Anda punya foto kuno atau yang lebih zadoel? Bagaimana anda merawat dan memperlakukannya? Please share, yah!


Advertisements

4 Comments

  1. okky says:

    Pak DP, itu fotonya nggak kuning-kuning gitu ya?

    • yudi says:

      Oh, itu untuk web aku bikin sepia tone di photoshop, Ky. Aslinya seperti foto hitam putih masa kini tapi kempling (glossy)

  2. didut says:

    wah koleksi yg mantebh pak 🙂

  3. escoret says:

    tribal sekali….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: