Orek-orekan Dwi Pramono

Home » kini » Jagongan Komunitas Loenpia

Jagongan Komunitas Loenpia

Blog Stats

  • 56,510 hits

Archives


oits1Sebetulnya belum terlalu lama saya bergabung dengan komunitas loenpia, mungkin sekitar September 2008. Komunitas Loenpia adalah kumpulan blogger (atau mengaku blogger seperti saya) yang punya kepedulian pada kota Semarang, baik yang tinggal dan berasal dari Semarang sendiri, maupun yang tinggal di luar kota bahkan ada beberapa yang di luar negeri. Meski member baru, karena interaksi yang luar biasa di mailing list membuat serasa seperti sudah lama saling mengenal dengan para membernya.

Kopdar pertama saya dengan Loenpia adalah ketika ada JAMU (jamuan akhir minggu) di Oit’s Resto, Jl. A. Yani Semarang, 2 Januari 2009. Meskipun di milis komentar mereka sangar,  ketika jumpa ternyata bisa langsung gayeng dan akrab. Beberapa malah bisa langsung saya kenali karena seringnya foto mereka beredar di milis. Wah, bener juga kata Iyan Ferdian, melu komunitas ben tambah enom. Lha memang sebagian besar anggotanya nom-noman. Iya, sampai saat ini saya belum menemukan anggota lain yang sepantaran saya.. rata-rata sekitar 20-30 tahunan, bahkan ada beberapa yang masih SMA.

oits31Mungkin karena ada agenda khusus yang dibahas, kopdar pertama yang saya ikuti ini menurut catatan [H]Yudee (baju putih, kiri depan) adalah salah satu kopdar yang serius. Ada Pepeng Firmansyah (baju kotak2 sebelah kanan saya) yang mengatur diskusi, ada Munep (di ujung jauh) yang bawa laptop dan nyatet-nyatet, dan yang hadir juga aktif memberi pendapat meski kadang ger-geran. Topik pembicaraan waktu itu adalah Gerakan Seribu Buku dan pelatihan blog di SMA 5 bersama IndosatM2.

Aktivitas mereka ini yang membuat saya salut. Meski tanpa organisasi yang terstruktur, aktivitas mereka nyata. Cukup satu sukarelawan yang ditunjuk menjadi korlap (koordinator lapangan) dan beberapa pendukung, acara terlaksana tanpa banyak keluar biaya, bahkan bisa memberikan kontribusi untuk kas komunitas.

Menurut Didut, salah satu aktivis loenpia, member milis loenpia saat ini lebih dari 800 akun gmail (mungkin saja ada beberapa yang punya lebih dari 1 akun). Loenpianers di Jakarta bahkan bisa membentuk –semacam– cabang sendiri yang hampir setiap akhir pekan juga pada ngumpul kopdar.

Luar biasa! Berawal dari kesamaan hobi menulis di blog kemudian dipertemukan lewat mailing list dan kopdar, akhirnya terjalin jaringan pertemanan yang luas dan bahkan memberi manfaat kepada masyarakat. Menurut saya, ini bentuk silaturahmi masa kini dan fakta bahwa internet tidak membuat penggunanya menjadi anti sosial.

Salut untuk rekan-rekan muda Loenpia. Ever onward!

Advertisements

11 Comments

  1. escoret says:

    yesss…pertama…. Pak…nama saya bukan pepeng firmansyah… tapi…ERNESTO BABILONIA FIRMANYAH SENAPONDA..!!!

    WASSS KOWE..???
    LOH..????

    pisss….

  2. HIT says:

    ke duax
    wah saya nggak ada ik…
    *nangis geluntungan*

  3. [H]Yudee says:

    waah … fotoku kereen yaa ?? Makin keliat ghantheng …

    *siapin ember ..*

  4. ninaz says:

    saya cakep sekali di foto itu… *padahal ra ono* 😀

  5. wiwikwae says:

    Aku tampak anggun difoto itu.

    Pak DP emang top dah!

  6. mizan says:

    Hidup Loenpia…!!!

  7. sesy says:

    pas TPC kok yo bengi ki lo. kan aku jd g bisa ikut. Besok2 kl jalan2 lagi anak2 di ajak aja pak.

  8. didut says:

    betul salah itu pak namanya eskopret bukan pepeng ataupun firmansyah kekeke~

  9. niningss says:

    hahahhaaa.. pepeng kie nggambus banget!!!!…
    photoku keliyatan langsing, karena aku sebelahan sama dendi dan budiono

  10. danindra says:

    saya di komunitas menemukan saudara.. bahkan ada yg menemukan jodoh dari nge-blog

  11. Boedi M says:

    Endi Loenpiane Mas Yud? Yo wis tak tuku dewe Lumpia Solo wae…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: