Orek-orekan Dwi Pramono

Home » kiprah » Beberapa “temuan” di FKI 2008

Beberapa “temuan” di FKI 2008

Blog Stats

  • 56,544 hits

Archives


Apakah manfaat “pantauan pameran” yang saya lakukan bagi asosiasi? Sejujurnya, saya belum tahu, karena nyatanya pelanggaran atau penyimpangan masih saja terjadi. Bahkan ada yang secara lantang mengatakan, “Peraturan dibuat untuk dilanggar!” (how can that be?)

Sebagai pemantau independen, saya sepenuhnya menyadari, bahwa mengungkapkan temuan-temuan di pameran mengandung risiko (paling tidak bagi saya pribadi). Yang merasa dikritik pasti akan tersinggung… apalagi bila ybs adalah pengurus.. Tapi apa boleh buat, nyatanya tidak ada anggota maupun pengurus yang berani. Padahal pada waktu pra musda, hampir semua rayon menyuarakan hal tersebut. Ini salah satunya, dari rayon Semarang Timur : “… harap diberikan sangsi kepada peserta yg dapat stand pameran tapi nyata2 tidak menempatinya bahkan malahan dioperkan/dijual di bawah tangan kepada peserta lain, bentuk sanksi berupa tidak diijinkannya peserta yg kena sanksi tsb untuk mengikuiti 3x undian stand pameran” (notulis: pak Mahfud Aneka).

Di bawah ini adalah jepretan kamera atas stand yang –menurut saya– menyimpang. Kalau saya salah, siap dikoreksi.

Tercatat sebagai pemenang stand: Sabicho, yang terpasang : Sadhana. Meski memang satu kepemilikan, mestinya kesalahan ini bisa dikoreksi.

.

Pemilik stand sampai dengan technical meeting : K&N Computer. Di lapangan, stand diisi DNA Computer yang mengusung Forsa Notebook. (Semula saya akan menulis komentar mengenai hal ini tapi maaf… saya cancel saja).

.

Stand ini milik DS Computer, tapi papan nama yang dipasang PIPI Computer. Ini mirip dengan kasus “Sadhana-Sabicho”. DS Com dan PIPI adalah satu kepemilikan (Pak Sudjono). Sayangnya, .. berbeda dengan Sabicho, PIPI Computer BUKAN anggota Apkomindo. Apakah non anggota boleh ikut pameran?

.

Penutupnya sama dengan email saya tempo hari (copy paste saja)

Apa yang bisa dilakukan oleh Pengurus DPD, peserta, maupun EO bila ada pelanggaran? Sejauh ini –seperti pada pameran-pameran terdahulu– belum pernah terdengar ada sanksi. Apalagi pelaku pelanggaran dan/atau penyimpangan mungkin saja personel Pengurus. Saya pribadi yang menempatkan diri sebagai independent watcher, pun tidak punya power. Namun dalam era keterbukaan seperti sekarang, kita akan lihat bersama-sama apakah komitmen akan ditepati atau tidak.

.

Let’s wait and see. Time will tell.

Semangats pagi!
dp

Leave a Reply

