Orek-orekan Dwi Pramono

Home » kiprah » Manajemen baris berbaris vs sepakbola

Manajemen baris berbaris vs sepakbola

Blog Stats

  • 57,438 hits

Archives


email “pamitan” 22 September 2008
.
.

Kita semua tahu, dalam baris berbaris anggota pasukan harus bergerak maupun berhenti secara serempak, seragam, dan seirama. Dalam melaksanakan aba-aba dari komandan, tidak boleh salah sedikit pun. Bahkan untuk mencapai kesempurnaan, seragam pun harus sama dari topi hingga kaos kaki. Salah langkah sedikit bisa mengganggu keharmonisan seluruh pasukan. Dalam baris berbaris, semangat manajemennya adalah menekan perbedaan sekecil mungkin.

Berkebalikan dengan baris berbaris, kita bisa melihat bagaimana orang bermain sepak bola. Meskipun ada 11 orang dalam satu tim, tidak ada satu pun yang menempati posisi sama, apalagi langkah yang sama. Penyerang, gelandang, deffender, maupun kiper masing-masing pada posisi dan peranannya. Masing-masing anggota tim menggunakan “seni dan ketrampilan” demi satu tujuan : mencetak gol ke gawang lawan. Meski dalam 1 tim hanya 11 orang yang bermain di lapangan, tidak kalah penting adalah peranan orang-orang di luar lapangan seperti pelatih, manajer, pemain cadangan, bahkan… penonton dan komentator. Inti dari manajemen sepak bola justru mengelola perbedaan.

Manajemen organisasi, baik besar maupun kecil, bisa saja menganut kedua-dua model di atas, tergantung kebutuhan, situasi dan kondisinya. Namun –menurut saya– asosiasi kita lebih tepat dikelola dengan pendekatan manajemen ala sepak bola. Mungkin bahasa Semarangnya, football management approach.

Mengambil analogi di atas, saya pribadi merasa beruntung pernah mencicipi berbagai posisi dalam tim, sebagai penonton, pemain, komentator, bahkan jadi kapten tim pun pernah (ketua panitia ini dan itu). Dalam berbagai peran tersebut saya bermain ala kadarnya karena memang skill pas-pasan saja. Sebagai pemain mungkin sering meleset atau salah oper (tapi tidak pernah bikin gol di gawang sendiri, kan?); saat berperan sebagai komentator mungkin kritiknya terlalu pedes; saat menjadi kapten mungkin terlalu otoriter dan banyak titik lemah lain. Namun paling tidak, dalam masing-masing peran yang pernak dilakoni, saya tidak hanya omong atau menulis doang sekedar berwacana, tapi implementasi di lapangan pun sudah dilakoni sampai tuntas.

Sama halnya dalam dunia sepak bola, cedera, sakit, maupun banyak alasan lain bisa menjadi penyebab seorang pemain lengser, pelatih pindah club karena tidak cocok dengan manajemen, dsb. Jadi, bukan sesuatu yang luar biasa bila seseorang memutuskan untuk berganti peran. Bukan sesuatu yang perlu dibesar-besarkan bila seorang pemain kemudian memilih pindah club atau sekedar jadi penonton karena cedera atau umur tak lagi produktif…

Demikian juga, sesuatu yang sangat biasa bila saat ini saya –dwi pramono– pamit dari kepengurusan dan kembali menjadi anggota biasa. Permintaan mundur tersebut sudah saya sampaikan kepada pengurus –atas keinginan saya sendiri– beberapa hari yang lalu, namun baru saya sampaikan kepada rekan-rekan anggota saat ini, karena beberapa tugas tentu harus ditransfer secara mulus kepada pengganti atau caretaker, dan itu sudah dilaksanakan. Owner dan moderator milis ini dan pengelola website apkomindo-jateng saat ini (sementara) adalah mas Budiyono Elkamil. LPJ pameran (masih akan saya lengkapi) juga sudah diserahkan, dengan hasil akhir : kontribusi yang cukup besar untuk asosiasi.

Sebagai anggota asosiasi dan juga member milis, saya juga akan tetap menulis di milis. Sak kobere tentu.. seperti biasa. Posting email ini sekedar info saja, bahwa saya bukan lagi komponen pengurus.. balik maning dadi anggota biasa. Jadi, jangan sungkan, lho ..kalau mau kasih kritik dll kepada saya.  Saya juga minta pada mas Budi Elkamil agar milis ini tetap unmoderated saja. Kalau sungkan komentar di milis, ke blog saya juga boleh…  Silakan mampir di  www.dwipram.wordpress.com.

Okey… semangats pagi!
Back to business…

Salam,
dp
from nothing to another nothing

5 Comments

  1. ari prabowo says:

    saya sebagai pribadi dan anggota apkomindo mengucapkan terima kasih atas sumbangsih dan peranan bp dwi pramano selama masa jabatannya dalam kepergurusan apkomindo, dan kepada suadara bp budiyono selamat menjadi moderator dan pengelola website apkomindo jateng – sukses selalu.

    Sekali lagi…terima kasih bp dwi dan selamat menjadi anggota biasa (tapi tetap ditunggu kritik dan sarannya)

    salam

  2. bambang excom says:

    Yth. Pak DP;
    Sebagai orang yang beberapa kali pernah menjadi satu “Tim Sepakbola” bersama Bapak, saya minta maaf kalo “operan” saya juga sering meleset, dan malahan menjadi “operan” yang salah pengertian. Dan selamat bergabung kembali menjadi “penonton” biasa. Terima kasih telah diberi kesempatan beberapa kali menjadi “Tim Sepakbola”-nya pak DP.

    Salam: Excom@Bambang.

  3. agnes purwanto says:

    Selamat Pagi Pak Dwi,

    Jujur saja Pak, di pagi hari yang cerah ini saya kaget sekali membaca email dari Bapak. Saya kira isi email dari Bapak seperti biasa berisi tentang Pencerahan, Info Baru, Saran, atau bahkan sekedar obrolan ringan alias “OOT”. Saya baca judul di atas dari email Pak Dwi pun sama sekali tidak menampakkan hal-hal yang berhubungan dengan Pengunduran Diri Pak Dwi sebagai Humas APKOMINDO.

    Pak Dwi sekali lagi menjadi Pengurus ataupun sebagai anggota biasa APKOMINDO adalah suatu Pilihan dan Hak masing-masing anggota. Tentunya ada alasan di balik pengunduran diri Bapak yang hanya menjadi hak Bapak untuk tidak mengungkapkannya kepada anggota-anggota yang lain.

    Lepas dari itu Pak Dwi saya sebagai anggota biasa mengucapkan TERIMA KASIH yang sebesar-besarnya kepada Pak Dwi yang telah memberikan banyak kontribusi serta pencerahan demi kemajuan APKOMINDO secara umum dan khususnya bagi kemajuan serta pengembangan pribadi bagi saya secara personal baik secara langsung maupun tidak langsung.

    Trima kasih untuk memberikan banyak cerita, nasihat serta sharing banyak hal kepada saya. Saya dan Pak Dwi secara pribadi baru kenal beberapa bulan yang lau tepatnya ketika Musda APKOMINDO beberapa waktu yang lalu, tapi saya merasa sudah kenal lama dengan Pak Dwi. Saya sebagai anggota baru merasa “diuwongke” sekali dan sangat dihargai serta merasa “welcome” sekali dengan salam dan sapa Pak Dwi waktu itu.

    Akhir kata Pak Dwi sekali lagi terima kasih untuk banyak hak yang telah Bapak beri untuk Asosiasi dan kepada saya secara pribadi. Rasanya belum cukup saya menimba ilmu, kearifan, kesabaran, serta kebijaksanaan dari Bapak tentang banyak hal. Semoga seperti apa yang Bapak sampaikan pada tulisan Bapak, Pak Dwi masih dan tetap bersedia untuk aktif menulis di milis kita tercinta ini untuk berbagi banyak hal. Dan semoga Pak Dwi tetap bersedia membuka pintu ilmu Pak Dwi serta berbagi ilmu untuk saya yang sering bertanya tentang banyak hal.

    Salam santun & hormat saya,

    Agnes Purwanto
    Tirtasarindo Computer

  4. deltaguna says:

    Semangats Pagi…

    Mengejutkan tentu saja seorang Dwi Pramono dgn potensi yg dimilikinya harus mundur dari Kepengurusan Apkomindo. Tim Apkomindo harus kehilangan Gelandang Tengah handal, apapun itu sudah terjadi dan mari kita sikapi dengan dewasa.

    Pak Dwi, terimakasih atas apa yg pernah Bapak bangun bersama Apkomindo, terima kasih atas ilmu yg telah anda turunkan, terima kasih atas kebersamaan selama ini di kepanitian dan beberapa kegiatan.

    Tak Ada Gading Yang Tak Retak.

  5. Saya termasuk yang ketinggalan informasi, terutama informasi tentang mundurnya pak Dwi dari kepengurusan Apkomindo Jateng.

    Sangat disayangkan! pemain gelandang yang begitu piawai malah minta pansiun dan jadi penonton saja.

    Semoga hal ini bisa membangun dan “membangunkan” manajemen Apkomindo Jateng menjadi lebih baik.

    Saya pribadi dan segenap rekan-rekan di DPD Kab. Blora mengucapkan TERIMA KASIH yang sebesar-besarnya kepada Pak Dwi yang telah memberikan banyak kontribusi serta pencerahan demi kemajuan APKOMINDO.

    Tetap Semangat !
    Oye !

Leave a Reply

