Orek-orekan Dwi Pramono

Home » kiprah » Kok begini, kok begitu?

Kok begini, kok begitu?

Blog Stats

  • 57,438 hits

Archives


[perlu diberi pengantar dulu, bahwa tulisan tentang event NIX 2008 ini saya buat dalam kapasitas sebagai awam dan anggota biasa…]

.
NIX 2008 (7-11 Mei 2008) baru saja berlalu. Kabarnya transaksi selama pameran cukup besar, belum termasuk transaksi non kupon yang nilainya di bawah Rp 500 ribu. Kita menunggu informasi lebih lengkap tentang NIX 2008, tentunya dari Bidang Perdagangan.

Beberapa “reportase” yang saya posting tempo hari (sebagai humas) lebih menyorot pada hal-hal umum yang mungkin menarik diekspose, misalnya membandingkan spanduk NIX dengan baliho SGF, banyaknya tempelan price list, atau sempitnya lorong/gang antar stand dsb. Jadi kalau agak subyektif ya mohon maklum… apalagi fotonya kurang sip karena hanya dipotret dengan kamera saku dan hape.

Sebagai awam di bidang pameran, selama NIX 2008 saya melakukan “survei” kecil.. karena kabarnya stand kadang berpindah tangan. Ternyata setelah menyusuri lorong-lorong dan mencocokkan satu persatu daftar pemenang undian dengan stand yang ada hampir semuanya cocok. Semua stand lokal diisi oleh peserta yang sesuai saat mendapat undian.

Namun ada stand yang dalam denah disetting sebagai stand island/VIP, yaitu stand D (vendor: LG) ternyata dipecah menjadi 4 stand (lihat gambar di bawah). Ah, tetapi itu hal yang biasa di pameran2 sebelumnya juga. Meskipun dampaknya cukup menguntungkan Aneka Comp dan Nafiri karena memperoleh masing-masing 2 stand di lokasi yang berbeda. Nggak masalah… ‘kan udah rejekinya masing-masing.


Yang agak membingungkan saya adalah stand lokal nomor 27. Satu stand kok dua penghuni? Dari sisi selatan benar DOT com, tapi dari sisi barat kok NCC Computer? Lagipula hanya satu lemari display saja yang dipasang NCC. Dalam daftar peserta kok juga nggak ada NCC Computer, ya? Kapan2 tanya sekretariat, ah…

Lah… di sudut dekat tangga Hypermart ketemu sama pak Boendianto (gambar bawah)… dulu teman jualan mesin ketik Brother. Lho, kok ada stand di lokasi ini? Siapa yang punya? Ah, ternyata Multi Casa…. (saya cari di daftar peserta juga nggak ada). Wah, PR lagi… ntar tanya sekretariat, ah….

Kalau yang satu ini saya agak ragu-ragu. Menurut gambar, stand lokal no. 28 seharusnya di sebelah utara stand G, tapi kok lokasinya pindah ke sebelahnya stand no. 30 (Gunajaya)? Bener begitu nggak, ya? Maaf, kalau saya salah… jarang shopping ke mall, sih… jadi kadang bingung orientasi lor-kidul-ngarep-mburi.

Satu lagi, stand “G” kan miliknya Fanuel? Kok yang ngisi Angkasa Baru? Sedang mencocok-cocokkan denah, pas Bu Titien lewat… Ah, sekalian diwawancara aja. Ternyata memang ada pemindahan, tapi hal itu dilakukan di depan Event Organizer (resmi). Ooh.. ya, udah..

Wah,
Namanya juga awam dan belum pernah ikut pameran… lumayan pusing juga ya mikir pernak-pernik pameran begini. Lha itu yang masalah teknis… mungkin permasalahan yang non teknis masih banyak lagi… Ajaibnya, baik penyelenggara maupun pesertanya tetap bersemangat untuk berpameran. Namanya juga pedagang.. apalagi kalau bukan mengejar cuan? Lebih-lebih kalau transaksinya sampai milyaran begitu…. Wow..!

Tapi rasa-rasanya, Java Mall semakin kurang nyaman untuk berpameran. Gerbang masuknya sekarang kecil dan tidak bisa disetting megah/besar kayak dulu… Lorong antar stand juga rasanya tambah sempit, parkirnya susah pula. Memang seharusnya Semarang punya tempat pameran yang lebih representatif… ibukota provinsi kok gak punya, ya?

Sekali lagi, ini survei pribadi dan amatiran lho… Tidak ada maksud senggol sana senggol sini. Meski demikian, kalau ada yang kurang berkenan dengan orek-orekan saya ini… mohon maaf, ya…

Kepareng rumiyin,
dp

(email 12/05/08)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: